6 Tips Dalam Memulai Investasi Apartement

Investasi apartemen dapat jadi bisnis yang paling menguntungkan, di antara sebabnya sebab sebagian apartemen yang dibeli bukan guna ditinggali, namun disewakan. Dengan begitu, empunya apartemen dapat menerima pemasukan masing-masing bulannya dari apartemen yang disewakan ini.

Setelah kita mantap untuk mengerjakan investasi di bidang apartemen, tahapan selanjutnya ialah memulainya. Ada sejumlah hal yang butuh Anda pertimbangkan untuk mengawali investasi apartemen:

1.Pilih developer dengan reputasi baik

Saat menyimpulkan untuk menggali apartemen guna Anda jadikan sebagai investasi, urusan kesatu yang mesti kita lakukan ialah menggali informasi seputar developer yang punya reputasi baik dan terbukti track recordnya. Apalagi andai Anda hendak membeli apartemen yang belum rampung pembangunannya.

Sekali lagi pastikan bahwa developer tersebut mempunyai kredibilitas, legalitas, dan komitmen dalam mewujudkan “janji” pembangunannya.

2.Teliti dalam memilih lokasi

Hal berikutnya yang butuh Anda pertimbangkan ialah menilai tempat dimana kita akan melakukan pembelian apartemen.

Umumnya apartemen di bina di tempat yang strategis, laksana dekat dengan kemudahan dan sarana umum (stasiun, halte, lokasi tinggal sakit, jalan tol, sekolah) sampai area bisnis (mall dan perkantoran).

Ada dua jenis lokasi yang biasa dipilih developer untuk membina apartemen yakni prime lokasi dan non-prime area, contohnya di Jakarta, prime lokasi yang dimaksud ialah lokasi apartemen yang dekat dengan area CBD laksana Kuningan, Sudirman, Permata Hijau atau Puri Indah.

Sedangkan non-prime area ialah lokasi yang masih belum tidak sedikit pembangunan misalnya di area timur Jakarta, namun ditebak akan menjadi area bisnis dan niaga dalam sejumlah tahun kedepan.

Yang memisahkan keduanya ialah capitalization rate prime lokasi lebih tinggi dibanding non-prime lokasi yang mana dapat mempengaruhi nilai properti dan harga sewa

3.Fasilitas umum yang disediakan apartemen

Fasilitas apartemen pun penting untuk Anda yang ingin mengerjakan investasi apartemen dengan teknik menyewakannya.

Perhaikan kemudahan umum yang disediakan lumayan memadai, urusan ini juga dominan kepada ketertarikan calon penyewa besok pada apartemen yang kita miliki.

Biasanya kemudahan umum yang menjadi kriteria utama semua pencari sewa apartemen merupakan;

  • Area parkir yang luas
  • Sistem ketenteraman yang mencukupi (CCTV, security staff, kartu akses)
  • Fasilitas olahraga
  • Lift
  • Internet / wi-fi yang kencang / ngebut

4.Biaya pemeliharaan

Sebagai hunian, apartemen mempunyai perbedaan yang signifikan dengan lokasi tinggal tapak. Salah satunya ialah biaya maintenance atau pemeliharaan.

Seringkali kejadian terdapat pengelola apartemen yang menaikkan ongkos maintenance tanpa sepengetahuan penghuni atau empunya apartemen.

Untuk menghindari keputusan sepihak yang lumayan merugikan tersebut, Anda dapat menanyakan tentang eskalasi IPL dengan mengkonfirmasi dari penghuni sebelumnya apakah terdapat keterlibatan penghuni apartemen dalam menyimpulkan naiknya ongkos maintenance tersebut

5.Perhatikan segmen pasar

Selanjutnya, yang butuh Anda jajaki lakukan ialah mengamati dengan jeli segmen pasar dari apartemen yang akan kamu investasikan.

Sebagai contoh, andaikan apartemen kita berada dekat dengan area perkantoran, maka Anda pun harus pandai dalam menilai harga jual atau sewa yang masih tercapai dengan kantong karyawan.

Jangan hingga harga yang dibanderol tidak cocok dengan keterampilan calon penyewa dan tentunya bakal berimbas buruk pada bisnis investasi apartemen Anda

6.Kerjasama dengan agen properti lokal

Tentunya mempromosikan apartemen Anda supaya dilirik konsumen ialah hal yang mesti Anda lakukan. kita juga dapat bekerja sama dengan agen properti lokal, salah satunya ialah Jendela360, yang menjadi jembatan antara empunya apartemen dan pencari sewa apartemen di Jakarta.

Kesimpulan

Tiap orang pasti memerlukan tempat tinggal. Apartemen sudah menjadi pilihan hunian ideal untuk masyarakat perkotaan. Jadi paling tepat bila Anda mengerjakan investasi di bidang ini. Sudah tentukan apartemen mana yang jadi opsi Anda?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of