3 Cara Mudah Menata Apartemen Studio Pasti Berhasil

Apartemen pada umumnya memiliki beberapa tipe unit yang dijual. Untuk tipe yang paling kecil adalah tipe studio dengan 1 kamar tidur. tipe ini adalah tipe yang sama dengan tipe kamar kos dengan luas ruang yang lebih besar daripada kamar kos pada umumnya. Tipe yang lebih besar adalah tipe 2 kamar tidur dimana tipe ini mempunyai ruang keluarga dan kamar tidur 2. Biasanya luas kamar tidur 1 dan 2 sama besar. Ruang ini cukup besar untuk keluarga yang masih baru menikah atau baru mempunyai 1 anak. Untuk unit yang lebih besar lagi, terdapat 3 kamar tidur dan sudah lengkap dengan ruang dapur dan ruang keluarga. Keluarga besar biasanya lebih suka untuk menempati tempat tinggal yang lebih besar dan lega.

Tentukan Pola Desain Interior

Unit apartemen studio yang merupakan unit terkecil di apartemen memberikan ruang yang cukup terbatas kepada penghuninya. Cara mudah menata apartemen studio bisa disiasati dengan pola desain interior agar terlihat lebih lega namun lengkap. Tempat tidur yang biasa digunakan untuk ruang studio adalah tempat tidur berukuran king size dengan dimensi 2m x 2m. Bagi penghuni yang ingin mempunyai tempat tidur yang bisa disimpan, maka material yang digunakan haruslah ringan dan kuat. Tempat tidur bisa diputar vertical dan dibuat berdiri menghadap tembok untuk menyamarkan menjadi dinding. Dengan menyembunyikan tempat tidur saat tidak digunakan, ruang gerak Anda akan lebih lega dan besar.

Atur Kitchen Set

Bagaimanapun juga, kitchen set dibutuhkan bagi penghuni untuk melakukan kegiatan memasak, dan mencuci peralatan masak atau makan. Dengan keterbatasan ruang, menata apartemen lewat dimensi kitchen set bisa dibuat simple, sederhana, namun bisa melakukan kegiatan memasak atau mencuci peralatan. Tungku kompor cukup menggunakan 1 tungku berukuran normal dan wastafel berukuran persegi. Peralatan masak diusahakan yang serbaguna. Meja dan kursi untuk makan memang terkadang dibutuhkan. Meja portable dan kursi portable dapat digunakan untuk keperluan makan dan bisa kembali dilipat jika sudah tidak perlu lagi.

Furniture Praktis

Televisi layar datar dapat dijadikan pilihan tepat untuk tipe studio yang mungil. Televisi ini lebih baik menggunakan bracket yang bisa ditempelkan ke dinding tembok dengan begini tidak perlu meja Televisi yang digunakan untuk meletakkan Televisi. Ruang yang masih tersedia akan banyak tersisa tanpa meja televise. Begitu juga dengan sound system seperti home theater. Tipe studio merupakan tipe paling cocok untuk dipasang sound system home studio yang menghasilkan suara menggelegar. Tentunya lebih naik jika dindingnya diberi peredam tambahan untuk menyerap suara yang dihasilkan speaker home theater.

Selama tempat tidur disembunyikan dengan cara berdiri, maka diperlukan sofa atau tempat duduk yang bisa digunakan selagi tempat tidur disembunyikan tanpa perlu dipindah atau digeser. Untuk itu sofa dengan tinggi yang tidak melebihi tempat tidur bisa digunakan. Tidak lupa memberikan alas karpet guna ingin duduk dilantai dengan teman-teman atau saudara-saudara, atau pengunjung lainya datang untuk mengunjungi Anda. Dinding tembok yang secara normal hanya dicat, lebih baik diberi motif-motif menarik seperti wallpaper bertema kesukaan Anda. Menata apartemen studio melalui desain langit-langit atap unit jika dimatikan akan terasa sangat gelap. Pemberian bintang-bintang fosfor dapat memberikan suasana di area terbuka dan luas. Bentuk bintang-bintang ini sudah banyak dijual di pasaran seperti di mall-mall. Salah satu apartemen yang mempunyai tipe studio full furnished adalah apartemen Green Pramuka City.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of