Kelebihan Dan Kekurangan Tinggal Di Apartemen Yang Harus Diketahui

Tinggal di apartemen memang ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen bagi setiap orang mungkin akan berbeda. Apartemen merupakan tempat tinggal vertical berupa gedung bertingkat dimana para penghuni dapat tinggal di unit-unit apartemen dengan lantai yang sama ataupun berbeda. Gedung apartemen sendiri biasanya mempunyai lantai lebih dari 10 untuk memperbesar jumlah penduduk yang dapat tinggal di apartemen tersebut. Prinsip dasar dari apartemen adalah, memanfaatkan lahan seoptimal mungkin untuk dijadikan tempat tinggal. Di Jakarta sendiri sudah banyak dibangun apartemen-apartemen mewah maupun apartemen murah dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

Kelebihan

Kelebihan tinggal di apartemen salah satunya adalah lokasi yang strategis. Lokasi pembangunan apartemen biasanya ditempatkan di lokasi yang strategi. Apartemen dapat dibangun di area perkantoran atau di tengah kota. Hal ini untuk mengurangi biaya dan waktu yang dibutuhkan dari tempat tinggal menuju ke kantor tempat penghuni apartemen bekerja. Hal kedua yang menjadikan lokasi apartemen strategis yaitu dibangun di area yang dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, stasiun kereta, shelter busway, pintu keluar dan masuk jalan tol. sebenarnya, rumah tinggal bisa jadi mempunyai lokasi yang strategis, akan tetapi pada umumnya penduduk Jakarta kebanyakan hanya bisa membeli rumah dan tanah di area luar kota Jakarta.

Apartemen didirikan oleh pengembang terkadang dengan mempertimbangkan prinsip one stop living. Prinsip one stop living ini memungkinkan penghuninya tidak perlu untuk keluar dari apartemen jika ingin mencari kebutuhan sehari-hari. Bahan-bahan makanan, makanan siap saji, air mineral gallon, toko jual tabung gas, dan kebutuhan-kebutuhan sehari-hari lainnya. Ada pula pengembang yang mendirikan mall di area apartemen guna memfasilitasi penghuni apartemen yang ingin jalan-jalan ke mall tanpa perlu keluar. Fasilitas lainya yang ditawarkan oleh apartemen adalah fasilitas gym gratis yang bisa dikunjungi setiap saja. Untuk Anda yang masih tinggal di rumah tinggal, melakukan fitness di rumah dapat dilakukan dengan cara membeli peralatan fitness yang mahal, itupun hanya 1 atau 2 alat.

Kekurangan

Yang sudah dirasakan kerugian dari tinggal di apartemen adalah parkir mobil dan motor. Tidak ada ceritanya apartemen gratis parkir mobil atau motor. Penghuni yang mempunyai motor atau mobil dan ingin memarkirkan mobil atau motornya ke area parkir apartemen harus membayar. Untuk penghuni apartemen, biaya sewa parkir motor atau mobil biasanya lebih murah daripada biaya parkir bagi para pendatang atau pengunjung. Tarif yang dikenakan oleh penghuni biasanya dibayar perbulan dan hanya 1 kendaraan yang sama. Jika memiliki 2 kendaraan yang sama, maka penghuni pemilik kendaraan tersebut harus membayar sewa kendaraan dengan tariff lebih mahal. Hal ini dilakukan guna membatasi penghuni untuk memakai lahan parkir melebihi batas.

Kekurangan yang kedua dari tinggal di apartemen adalah saat terjadi kondisi darurat. Pada saat kondisi darurat, penghuni tidak dapat menggunakan lift saat turun dari apartemen. Agar dapat turun dan keluar dari apartemen, penghuni harus menggunakan tangga darurat, yang mana tangga tersebut merupakan tangga manual. Penghuni yang tinggal di lantai paling atas menjadi penghuni yang paling tersiksa saat harus menuruni tangga dari lantai yang paling tinggi ke lantai dasar. Pengalaman seperti ini menjadi pengalaman paling menyiksa sebagai penghuni apartemen. Oleh sebab itu seharusnya diwaspadai sejak awal.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of