3 Langkah Menghindari Resiko Kebakaran Dalam Unit Apartemen

Langkah menghindari resiko kebakaran dalam unit apartemen perlu untuk diketahui terutama bagi Anda yang sedang tinggal di apartemen. Sikap waspada harus selalu ada agar kebakaran tidak sampai terjadi di unit Anda dan merambat ke unit lainnya. Tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran di unit apartemen termasuk jika Anda tinggal di Apartemen Green Pramuka City yang bertempat di wilayah Jakarta Pusat. Jika memang Anda melakukan berbagai hal yang bersifat mencegah terjadinya kebakaran maka unit apartemen yangbmenjadi tempat hunian Anda akan terasa lebih aman. Kondisi ini tentu saja akan membuat apartemen terasa lebih nyaman dan menyenangkan baik untuk beraktivitas maupun untuk beristirahat.

1. Cek listrik

Pengecekan listrik pada tiap unit apartemen sudah seharusnya dilakukan secara rutin. Bila anda tidak dapat melakukannya maka mintalah bantuan pada petugas listrik yang telah diaediakan oleh pihak apartemen untuk melakukan pengecekan. Jika ternyata dalam proses pengecejan tersebut ditemukan adanya kabel yang telah rapuh atau mungkin aus maka sudah seharusnya kabel listrik tersebut diganti atau diperbaiki. Dengan adanya sikap atau upaya waspada seperti ini maka kebakaran tidak akan terjadi pada apartemen yang menjadi tempat hunian bagi Anda.

2. Smoke detector dan alat pemadam

Baik smoke detector maupun alat pemadam kebakaran sebenarnya sama-sama nerupakan alat yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran di apartemen. Smoke detector merupakan alat oendeteksi asap yang biasanya ada di tiap lantai apartemen bahkan terkada ada di tiap unit. Demikian pula dengan alat pemadam kebakaran yang biasanya juga terdapat di tiap lantai pada suatu apartemen. Sudah seharuanya peralatan ini dicek keberadaannya dan dicek apakah alat-alat ini dapat berfungsi dengan baik. Baik smoke detector maupun alat pemadam kebakaran sudah seharusnya selalu dipastikan apakah sudah terpasang secara layak ataukah perlu untuk diperbaiki dan sebagainya. Untuk lebih meningkatkan keamanan dan melakukan perlindungan lebih dari bahaya kebakaran maka mungkin bisa saja disediakan alat tambahan lainnya seperti misalnya selang air. Bahkan selang air mungkin bisa diberikan di tiap unit apartemen untuk mencegah terjadinya dampak kebakaran yang lebih meluas.

3. Hindari rokok

Rokok pada dasarnya tidak memberikan keuntungan baik dari segi kesehatan maupun dari aegi keamanan dan lain sebagainya. Tak jarang orang yang merokok membuang bekasnya secara sembarangan. Tidak sedikit pula ditemukan bahwa bekas rokok yang telah dibuang tersebut masih belum mati dengan sempurna. Tentu saja hal ini berbahaya sebab bekas rokok bisa saja menjadi sumber api bila berada di tempat yang dekat dengan benda mudah terbakar. Oleh karena itu sebaiknya jangan merokom di dalam unit apartemen maupun di lingkup apartemen sebab hal ini berbahaya.

Langkah menghindari resiko kebakaran dalam unit apartemen seperti yang telah dibahas di atas tentu dapat membantu menjaga keamanan unit Anda jika dilakukan dengan benar. Mwnghindari pemicu terjadinya kebakaran dan berjaga-jaga merupakan langkah yang dapat dilakukan dalam meningkatkan upaya pencegahan bencana kebakaran. Tentunya setiap orang tidak ingin mengalami bahaya kebakaran di tempat tinggalnya termasuk di Apartemen Green Pramuka City. Maka dari itu sudah seharusnya setiap penghuni apartemen saling menjaga keamanan salah satunya dengan Melakukan berbagai upaya untuk menghidari kebakaran. Dengan demikian apartemen akan menjadi tempat yang semakin direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tempat hunian.